Pembicara dari Belgia, Dr. Severine Thys memaparkan hasil risetnya pada seminar “Wildlife-livestock-human health in Indonesia : Identifying Priorities for Reserach and Higher Education Partnerships” pada tanggal 10-11 Oktober 2017 di Hotel Cakrakusuma Yogyakarta, Indonesia. (Sumber foto: Indy)

One Health- Eco Health Resource Center (OH-EHRC UGM) bekerjasama dengan dua lembaga riset dari Perancis yaitu CIRAD (French Agricultural Research Centre for International Development) dan GREASE (Gestion des Risques Emergents en Asie du Sud-Est). sukses menggelar Seminar dan Workshop “Wildlife-livestock-human health in Indonesia : Identifying Priorities for Reserach and Higher Education Partnerships” pada tanggal 10-11 Oktober 2017 di Hotel Cakrakusuma Yogyakarta, Indonesia. Acara ini terdiri dari beberapa sesi yaitu seminar ilmiah, presentasi proposal penelitian, drafting proyek kolaborasi riset dan manajemen kesehatan satwa liar dan biodiversitas di Indonesia, dan ditutup dengan diskusi  mahasiswa master dan doktoral bersama para pakar.

Seminar ilmiah ini melibatkan sembilan orang ilmuwan One Health- Eco Health dari Indonesia dan Perancis yang khusus diundang untuk mempresentasikan materi seminar. Sembilan orang pembicara pada acara ini berasal dari beberapa bidang keilmuan berbeda yang berhubungan dengan OneHealth-EcoHealth, antara lain Dr. Dede A. Rahman (Ekologi dan Manajemen Satwa Liar- IPB),   Dr. Sena Adi Subrata, S.Hut., M.Sc. (Ekologi dan Satwa Liar-  UGM), Dr.drh. Wisnu Nurcahyo ( Parasit dan Satwa Liar – UGM), Dr. drh. Tri Wahyu Pangesitiningsih (Primata dan Satwa Liar – FKH UGM), Prof. Dr. drh. Wayan Tunas Artama (Koordinator OH/EHRCC UGM), Dr. Severine Thys (Tropical Diseases and Zoonoses – Institute of Tropical Medicine Belgium), Dr. Michel de Garine-Wichatitsky, Ph.D, D.VM., H.D.R,- CIRAD),  Dr. Johan Michaux ( CIRAD), dan Dr. Serge Morand (CIRAD).

Pada sesi pertama seminar ilmiah, dua keynote speaker yaitu Dr. Serge Morand dan Dr. Johan Michaux menyampaikan materi utama yaitu One HealthEco Health yang merupakan pendekatan transdisipliner antara kesehatan manusia, hewan serta usaha konservasi keanekaragaman hayati. Dr. Morand sebagai keynote speaker pertama membahas mengenai biodiversitas, kesehatan, masyarakat dan hubunganya dengan ekosistem, konservasi serta kesejahteraan. Sedangkan Dr. Michaux membahas mengenai alat-alat genetika yang digunakan untuk mempelajari aspek biodiversitas dan kesehatan baik dari host penyakit tertentu hingga penyebab penyakitnya.

One Health dan Eco Health melibatkan pendekatan yang terkoordinasi, kolaboratif interdisipliner dan lintas sektoral untuk mengatasi berbagai risiko yang membahayakan manusia, hewan serta ekosistem. Usaha-usaha yang dilakukan adalah peningkatan kesadaran masyarakat serta penelitian-penelitian kolaboratif antar disiplin ilmu dengan cara seminar dan workshop ilmiah. Menurut Dr. Michel de Garine-Wichatitsky selaku representatif dari CIRAD, acara ini bertujuan untuk memperdalam dan mengembangkan keilmuan dalam bidang Wildlife-livestock-human health di Asia Tenggara dengan mempertemukan para peneliti ahli dan mahasiswa.

Adanya konferensi ilmiah ini diharapkan akan memiliki dampak yang positif bagi kemajuan ilmu di bidang kesehatan baik kesehatan satwa liar, ternak maupun manusia dan ekosistem. ”Kami berharap dengan diadakannya acara ini adanya proyek kerjasama antara One Health-Ecohealth Resource Center Universitas Gadjah Mada, Cirad dan Grease di tahun berikutnya”, imbuh Prof. Dr. drh. Wayan Tunas Artama, selaku ketua panitia. (Nix, Lulu, Iqbal)

Editor in ChiefVetNewscirad,grease,indonesia,OneHealth
One Health- Eco Health Resource Center (OH-EHRC UGM) bekerjasama dengan dua lembaga riset dari Perancis yaitu CIRAD (French Agricultural Research Centre for International Development) dan GREASE (Gestion des Risques Emergents en Asie du Sud-Est). sukses menggelar Seminar dan Workshop “Wildlife-livestock-human health in Indonesia : Identifying Priorities for Reserach and Higher...