Telur Ancylostoma sp. pada pemeriksaan apung dengan metode Mc. Master. Telur cacing berdiameter 40-60 μm. (Foto: Istimewa/Mila)

Bagaimana mengetahui peliharaan kita terinfestasi cacing kait?

Untuk memastikan apakah hewan kesayangan kita terbebas atau terinfestasi cacing kait ada baiknya kita membawa hewan kesayangan kita ke dokter hewan untuk selanjutnya dilakukan diagnosa. Untuk mendiagnosa adanya infestasi cacing kait dapat dimulai dari melihat dari gejala klinis yang muncul pada penderita dan anamnesa dari pemilik. Untuk meneguhkan diagnosa, perlu dilakukan pemeriksaan feses dengan metode natif, sentrifuse, atau apung (dengan metode McMaster) kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk mengidentifikasi telur cacing yang ditemukan. Jumlah telur yang ditemukan di pemeriksaan feses dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk menentukkan keparahan infestasi cacing. Sampel darah juga dapat mengindikasikan jika terdapat defisiensi Fe atau protein akibat infeksi dan tingkat keparahan infeksi  [1,2].

Untuk itu sangat perlu untuk membawa sampel kotoran hewan peliharaan untuk mengecek apakah hewan kita cacingan atau tidak pada saat kita ingin memeriksakan hewan peliharaan kita. Sampel feses yang dibawa minimal sekitar 1 ruas jari/ 10-20 gram.

Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Pemberian bermacam-macam anthelmentika (obat cacing) dapat memberikan efek yang baik ntuk pengobatan. Terapi biasanya diulang kira-kira dalam 3 minggu untuk membunuh parasit yang masuk pada lumen intestinal dari jaringan. Ankilostomiasis atau infestasi cacing kait biasanya diterapi dengan pemberian pyrantel, mebendazole, febendazole, dan dichlorvos. Dosis yang bisa diberikan antara lain Pyrantel 13 dengan dosis 10-30 mg/kg PO, Dichlorvos 11 mg/kg PO, Febendazole 100 mg/kg PO, Mebendazole 25 mg/kg PO [3; 4). Menurut Melhorm (2007) [5] menyebutkan bahwa Pyrantel atau praziquantel memiliki tingkat efektif yang tinggi untuk melawan infestasi cacing kait.

Bagaimana mencegah agar penyakit ini tidak muncul lagi?

 Pencegahan pada kucing bisa dengan mencegah overcrowding, pencegahan predasi dan makan makanan sembarangan, obat cacing yang terjadwal, menjaga kebersihan lantai kandang agar tetap kering dan bersih, bersihkan feses minimal 2 kali seminggu [6]. Terapi yang berkelanjutan dengan anthelmintik dan menjaga higienitas harus dilakukan untuk mencegah penularan. Anjing dan kucing bisa diberikan obat cacing setiap tiga bulan sekali [2]. Obat cacing dapat dibeli di petshop maupun klinik hewan terdekat. Ada baiknya apabila kita selalu berkonsultasi dengan dokter hewan apabila ingin memberikan terapi.

Semoga dengan pemberian obat cacing secara teratur bisa membantu mencegah masuknya penyakit-penyakit lain seperti virus dan bakteri. Hal ini karena penyakit cacingan dapat membuat kondisi tubuh hewan lebih rentan terhadap penyakit karena system imunitasnya ditekan. Peliharaan yang bebas cacing akan terlihat lebih ceria, bulu mengkilat dan tidak mudah rontok, serta nafsu makan yang lebih baik.

Penulis: drh. Istianah Maryam Jamilah

Referensi

[1]  Subronto. 2010. Penyakit Infeksi Parasit dan Mikroba Pada Anjing dan Kucing. Gadjah

Mada Unviersitiy Press, DI Yogyakarta.

[2] Urquhart, G. M., Armour, J., Duncan, J. L., Dunn, A. M., Jennings, F. W. 1996.
Veterinary Parasitology 2nd Edition. Balckwell Science. London.

[3] Foreyt, W. 2001. Veterinary Parasitology Reference Manual 5th ed. Blackwell: London.

[4] Plumb, D. C. 2008. Plumb’s Veterinary Drug Handbook Sixth Edition. Blackwell Publishing. Minnesota.

[5] Melhorn, H. 2007. Encyclopedia of Parasitology 3rd Ed. Springer: New York.

[6] Ballweber, L.R. 2001. Veterinary Parasitology. Butterworth-Heineman: USA

 

Editor in ChiefVetHealthPet and Exotic
Bagaimana mengetahui peliharaan kita terinfestasi cacing kait? Untuk memastikan apakah hewan kesayangan kita terbebas atau terinfestasi cacing kait ada baiknya kita membawa hewan kesayangan kita ke dokter hewan untuk selanjutnya dilakukan diagnosa. Untuk mendiagnosa adanya infestasi cacing kait dapat dimulai dari melihat dari gejala klinis yang muncul pada penderita dan...